Cara Mudah Belajar Bahasa Arab

Cara mudah belajar bahasa arab
TIPS SUKSES BELAJAR BAHASA ARAB MODERN

Dikutip dari Buku Belajar Bahasa Arab Modern bagi Pemula oleh A. Fatih Syuhud

Panduan Umum

1. Perbanyak mendengar percakapan, perdebatan, diskusi, dalam bahasa Arab walaupun Anda tidak mengerti satu huruf pun. Tujuannya di sini adalah membiasakan telinga mendengar suara dan kosakatanya. Unduh berbagai audio dan video bahasa Arab dari internet. Harap diperhatikan: saat download cari bahasa Arab modern standar, bukan yang dialek lokal (amiyah).

2. Jangan menerjemah apa yang hendak Anda katakan dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab. Tapi, hafalkan ungkapan bahasa Arabnya dan gunakan untuk mengekspresikan maksud yang ingin disampaikan. Ulangi sesering mungkin. Cara ini akan memudahkan kelancaran dalam berbahasa Arab. Usahakan berbicara lancar tanpa hambatan.

3. Jangan malu berbicara bahasa Arab walaupun apa yang anda katakan mungkin ada salahnya. Konsistensi dan usaha yang terus menerus akan membawa Anda ke pintu sukses. Sekali lagi, jauhi rasa malu berbicara bahasa Arab, karena itu akan mencegah Anda dari mempelajari dan menguasainya.

4. Pelajari suara pembicara asli bahasa Arab dan cara pengucapannya yang benar melalui audio atau video atau chanel tv berita seperti Al-Jazeera atau Al-Arabiya. Ini akan membantu Anda untuk belajar mendengar dan mengucapkan secara benar dan fasih

5. Pelajari kaidah bahasa Arab dasar minimal Terjemah Al-Ajurumiyah untuk Nahwu dan Al-Amtsilah Tashrifiyah untuk shorof. Memahami gramatika bahasa Arab akan sangat membantu kemampuan berbicara, membaca dan menulis bahasa Arab dengan benar.

6. Buatlah jadwal sendiri untuk menghafal sedikitnya lima kosa kata (mufrodat) setiap hari. Dan usahakan mampu membaca dan menulis kelima mufrodat tersebut dalam kalimat yang sempurna baik dalam jumlah fi’liyah (kalimat veral) atau jumlah ismiyah (kalimat nominal). Ini akan menghasilkan koleksi kosa kata yang cukup banyak dalam waktu singkat dan menggunakannya dengan tepat. Semakin besar perbendaharan bahasa kita, maka semakin meningkat kekuatan kita dalam bahasa Arab.

7. Jadikan belajar bahasa Arab sebagai hobi yang menyenangkan, bukan kewajiban. Menyukai materi yang dipelajari akan mempercepat proses belajar. Nikmati belajar dengan mendengarkan audio bahasa Arab atau menonton film atau drama berbahasa Arab yang bisa diunduh dari internet termasuk youtube dan layanan online lainnya. Usahakan yang tidak ada teks terjemahan atau kalau pun ada tetap fokus pada pengucapannya bukan pada terjemahannya.

8. Bagi yang sudah mulai bisa bicara bahasa Arab dengan lancar, jangan katakan “Saya sudah menguasai bahasa Arab” lalu berhenti belajar. Tetaplah terus belajar dan berusahalah untuk memperdalamnya. Ini akan membuka banyak kesempatan pada Anda baik untuk dakwah maupun karir.

9. Uji diri anda secara berkala dan koreksi kesalahan yang dilakukan. Antara belajar bahasa Arab dan profesional dalam bahasa Arab adalah dua hal yang berbeda. Pada tahap awal belajar bahasa Arab secara spontan tanpa peduli kesalahan, tetapi setelah itu wajib bagi kita untuk mengevaluasi dan mengoreksi apa yang sudah dipelajari apabila terjadi kesalahan.

10. Percaya diri merupakan dasar utama dalam belajar bahasa Arab. Semakin tinggi kepercayaan diri kita, maka semakin tinggi keinginan kita dalam menggunakan bahasa Arab. Sebaliknya, tanpa kepercayaan diri maka kita akan cenderung untuk menghindar dari berbicara dengan bahasa Arab karena takut salah.

11. Yakinlah pada satu hal: bahwa segala sesuatu yang baru akan sulit pada awalnya. Akan tetapi kerja keras, konsistensi, istiqomah, latihan setiap hari, percaya diri, dan persisten (ulet) akan membawa kita pada kesuksesan dan keunggulan.[]

Untuk tahap pertama, mulailah belajar bahasa Arab dengan menghafal 100 kosa kata bahasa Arab paling populer.

Share with friendsShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Leave a Reply